pengertian peripheral
PERIPHERAL
Periferal
Periferal
atau perangkat tambahan atau perangkat saja (Inggris: peripheral device) adalah
perangkat keras yang dihubungkan ke komputer untuk meningkatkan kegunaannya.
Beberapa perangkat yang umum digunakan adalah pencetak, pemindai, mikropon dan
pengeras suara.
Mengenal PERIPHERAL Komputer
Peripheral
adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan
kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral
ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan
oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
Fungsi
Perangkat Peripheral
Fungsi
Peripheral bisa diasumsikan sebagai perangkat tambahan untuk memperluas fungsi
dari komputer. Misalnya Printer, dengan adanya printer komputer dapat
mengeluarkan hasil proses menjadi cetakan text atau gambar.
Contoh
Perangkat Peripheral
1. Perangkat Peripheral Internet
Merupakan
perangkat peripheral yang berada di dalam Case komputer, beberapa contoh
peripheral internet yang sering kita temui antara lain, Sound Card, VGA Card,
LAN Card dan masih banyak yang lainnya. Perangkat - perangkat ini biasanya
terpasang pada slot ekspansi.
2. Perangkat Peripheral Eksternal
Merupakan
perangkat peripheral yang berada di luas case komputer, beberapa contoh dari
perangkat peripheral eksternal antara lain, Printer, Scanner, Speaker, Web Cam
dan masih banyak yang lainnya. Untuk menghubungkan perangkat - perangkat
peripheral eksternal ini biasanya dibutuhkan kabel Serial, PS2 atau bisa juga
menggunakan kabel USB.
Berikut ini contoh
jenis-jenis peripheral dengan berbagai tugasnya:
KEYBOARD
Berbentuk
mirip mesin ketik yang berisi huruf, angka, simbol-simbol khusus serta
tombol-tombol fungsi. Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan
cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol. Saat ini sejumlah
perusahaan seperti Microsoft dan Logitech sudah membuat keyboard tanpa kabel
(wireless) yang menggunakan pancaran infrared ataupun radio frequency.
MOUSE
Alat yang mirip
tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan
kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau
kesamping. Untuk versi lama, didalamnya terdapat bola karet yang akan
menggerakkan roda-roda kecil, yang akan mengatur gerakan kursor/pointer.
Sekarang mouse tidak menggunakan bola karet lagi, tetapi menggunakan sinar
ataupun laser, biasanya disebut optical mouse atau laser mouse. Mouse biasanya
dilengkapi scrolling button untuk memudahkan bergerak turun/naik dilayar
monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan game. Kini mouse wireless
juga sudah banyak diproduksi.
LIGHTPEN
Mirip
bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan
untuk menulis, tetapi juga mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian
diterjemahkan oleh komputer.
TRACKBALL
Fungsinya
sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang
menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita
kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya
diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan
mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan
trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.
MONITOR
Bentuknya
mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer.
Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan
tulisan hijau atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor semuanya
sudah berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang
dihasilkannya juga jauh lebih bagus.
Monitor juga
sudah banyak berubah dari bentuk awalnya, yang berupa CRT Monitor (berbentuk
tabung), sekarang sudah menjadi LCD Monitor, bahkan produksi terbaru sekarang
sudah menggunakan teknologi LED, yang dinamakan LED LCD Monitor. Daya yang
digunakan juga sudah semakin rendah dan ukuran layarnya juga bervariasi dari
kecil sampai besar.
Jenis
lainnya yaitu touch screen monitor, yaitu monitor yang dilengkapi dengan
teknologi untuk bisa menangkap sentuhan dilayar, jadi pemakai semakin
dimanjakan untuk bisa mengoperasikan. Biasanya digunakan untuk tujuan khusus,
misalnya di restourant ataupun sebagai media promisi untuk menampilkan
informasi, sehingga untuk berinteraksi, pemakai cukup menyentuh layar monitor
saja, tanpa perlu menggunakan keyboard atau mouse.
PRINTER
Digunakan
untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca. Ada
tiga jenis printer yang dikenal luas yaitu dot-matrix printer, inkjet printer,
dan laser printer.
SCANNER
Digunakan
untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau
ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner, handy scanner (dipegang
dan digerakkan dengan tangan), dan flatbed scanner (serupa mesin fotokopi).
MICROPHONE DAN SPEAKER
Untuk
memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah
disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau
game.
JOYSTICK
Alat
berbentuk tongkat kecil (biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang
bisa diatur) untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau
mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse.
JOYPAD/GAMEPAD
Fungsinya
sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki
pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi
sebagai mouse.
KAMERA DIGITAL
Kerjanya
mirip kamera foto biasa, hanya saja hasilnya langsung disimpan dalam format
data komputer. Hasil yang diperoleh jauh lebih bagus dibandingkan hasil cetakan
film negatif.
https://blogeniset.wordpress.com/2011/06/21/211/
Komentar
Posting Komentar